Minggu, 30 Januari 2011

Pengertian Warna Menurut Para Ahli


1.      Teori Sir Isaac Newton
adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). sumber (http://daniarwikan.blogspot.com/2009/02/teori-warna.html)
2.      Albert H. Munsell
Warna merupakan elemen penting dalam semua lingkup disiplin seni rupa, bahkan secara umum warna merupakan bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. sumber (http://daniarwikan.blogspot.com/2009/02/teori-warna.html)
3.      Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.
Sumber ( http://www.scribd.com/doc/14846036/Pertemuan1SejarahDefinisi-Dan-Poses-Terjadi-Warna)
4.      Henry Dreyfuss
Warna menurut ilmu Bahan, Adalah sembarang zat tertentu yang memberikan warna. warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dan mempunyai fungsi untuk memperkuat aspek identitas.
5.      J. Linschoten dan Drs. Mansyur
Warna menurut psikologis , Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.Dari pemahaman diatas dapat dijelaskan bahwa warna, selain hanya dapat dilihat dengan mata ternyata mampu mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda. Sumber ( http://senirupa.web.id/ )

4 komentar: